Minggu, 01 Oktober 2017

DEFINISI MUSTER LIST

Definisi

Sijil keadaan darurat (MUSTERLIST) adalah suatu daftar yang berisikan nama dan jabatan dari crew sebuah kapal beserta tugas-tugas khusus yang harus dilaksanakan untuk mengatasi keadaan-keadaan darurat yang mungkin akan terjadi diatas kapal.

Maksud dan tujuan dibuat muster list
  1. Maksud dari dibuatnya organisai keadaan darurat diatas kapal adalah unyuk memberikan arah/ pedoman kepada crew kapal dalam mengatasi terjadinya keadaan darurat diatas kapalnya, sehingga akibat yang ditimbulkanya dapat tekan sekecil-kecilnya atau dapat ditiadakan sama sekali.
  2. Tujuan dibuatnya muster list adalah agar supaya dalam mengatasi keadaan darurat yang terjadi diatas kapal dapat dilaksanakan secara cepat, tepat, aman dan terkendali, sehimgga akibat yang ditimbulkan dapat kita tekan sekecil mugkin.


Alasan-alasan mengapa dibuat muster list
  1. daerah operasi dari kapal-kapal laut adalah di laut bebas ,aupun di perairan –perairan sempit yang penuh dengan tantangan alamnya, yang ini berarti bahwa disetiap waktunya, operasi dari kapal-kapal laut selalu dihadapkan dengan bahaya bahaya baik yang kelihatan ataupun yang tidak kelihatan.
  2. Pada waktu kapal mengalami keadaan darurat ditengah tengah lautan, bantuan dari pihak-pihak luar tidak dapat diharapkan sepenuhnya
  3. Melaksanakan aturan aturan nasional/internationalyang berkaitan dengan safety regulation/ keamanan pelayaran.

Manfaat pola penanggulangan keadaan
  1. Dapat mecegah/ memperkeecil/ menghilangkan kerusakan kerisakan materi dan lingkungan.
  2. Dapat megusaai keadaan darurat secara tepat, cepat , aman dan terkendali.
  3. Dapat mencegah meluasnya/ menjalarnya keadaan darurat ke kompartemen-kompartemen yang ada di dekatnya.

Kelompok kelompok bagian dari organisasi keadaan darurat
  1. Pusat komando, tugasnya adalah mengkoordinir pelaksaanan penanggulangan keadaan darurat yang terjadi dan melaksanakan komunikasi ekstrem.
  2. Kelompok keadaan darurat, tugasnya adalah menaksir keadaan darurat yang sedang terjadi apakah dalam penanggulangnya memerlukan bantuan dari pihak- pihak lain atau tidak.
  3. Kelompok pendukung, tugasnya adalah mendukung kelompok kesadaran darurat dalam penyediaandan penggunaan alat-alat.
  4. Kelompok ahli mesin kapal, tugasnya adalah menyiapkan dan menggunakan alat-alat emergency, sepertia; emergency fire, dll.

Keuntungan dibuatnya musterlist
  1. Tugas dan tanggung jawab tidak terlalu berat, karena dipikul secara bersama-sama oleh 
  2. Dapat mengurangi tindakan-tindakan yang kurang/ tidak disipli, karena tugas dan tanggung jawab dari tiap tiap crew kapal diberikan secara tertulis
  3. Perintah atau instruksi akan lebih terarah sehingga akan terhundar dari kesimpang siuran karena hanya ada satu komando terhindar dari hirarki formal
  4. Semua individu merasa  terkait
  5. Bila terjadi suatu kegagalan, maka dapat segera dipelajari  untuk perbaikan selanjutnya


Kegunaan muster list diatas kapal

Untuk pedoman nakhoda dalam melaksanakan latihan-latihan darurat diatas kapalnya dan untuk pedoman nakhoda dan para ABKnya dalam mengatasi kadaan darurat yang sebenarnya, sehingga tindakan- tindakan yang dilaksanakan dapat terlaksana secara tertib, aman dan terkendali



Tidak ada komentar: